Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar sehingga tidak mudah terserang penyakit, membantu meningkatkan kualitas hidup, dan membantu menghasilkan hormon endorphin yang dapat membantu Anda merasa senang. Setelah berolahraga hal yang sebaiknya dilakukan adalah membersihkan diri, termasuk mencuci wajah dengan pembersih wajah.

Ketika berolahraga, Anda sedikit banyak akan mengeluarkan keringat. Selain itu, Anda mungkin tidak menyadari ketika berolahraga di dalam ruangan maupun di luar ruangan, bakteri maupun kotoran juga menempel pada tubuh Anda.

Membersihkan Diri Setelah Olahraga

Kegiatan yang tidak bisa terlepas setelah olahraga adalah membersihkan diri. Meski berolahraga  di dalam rumah, Anda sebaiknya tidak melewatkan mandi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda hendak membersihkan diri setelah olahraga:

  • Gunakan Handuk yang Lembut

Untuk menjaga agar kulit tidak terkena iritasi, gunakanlah handuk yang lembut untuk mengelap keringat terutama keringat pada wajah. Saat mengelap wajah, usahakan hanya menepuk-nepuk wajah hingga keringat terserap. Anda tidak perlu menggosoknya terlalu keras.

  • Usahakan Langsung Mencuci Muka dan Mandi

Keringat dan residu yang dikeluarkan saat berolahraga harus segera dibersihkan. Setelah berolahraga, Anda dapat langsung mencuci muka. Pilihlah sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Karena langsung mencuci muka, Anda sebaiknya tidak perlu menggunakan riasan sebelum olahraga. Biarkanlah wajah Anda polos dan tidak menggunakan riasan agar mudah dibersihkan. Selain itu, riasan membuat kulit Anda sulit untuk bernafas.

Setelah mencuci muka, Anda juga sebaiknya membersihkan badan agar keringat segera menghilang. Keringat yang dibiarkan dan menumpuk di pakaian kotor serta lembab yang Anda kenakan dapat menimbulkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, segera bersihkan diri agar badan kembali segar dan mengganti baju sehingga pakaian kotor dapat langsung dicuci.

Untuk pembersih wajah rekomendasi kami dapan menggunakan produk kiehls yaitu Ultra Facial Cleanser.

Ultra Facial Cleanser

  • Menggunakan Toner

Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk menggunakan toner. Saat Anda mencuci muka, kemungkinan masih ada kotoran yang menempel. Oleh karena itu toner dapat membantu menuntaskan sela-sela wajah yang tidak terjangkau sabun wajah. Tuang toner Anda ke kapas lalu tepuk-tepuk hingga kering.

  • Menggunakan Pelembab

Rutinitas perawatan wajah setelah toner adalah pelembab. Gunakan pelembab agar kulit wajah Anda tetap terhidrasi setelah melakukan kegiatan yang berat.

Herbal-Infused Micellar Cleansing Water

Herbal-Infused Micellar Cleansing Water

Micellar water yang mampu melembapkan dan membersihkan make up, kotoran, dan minyak pada wajah secara lembut tanpa perlu dibilas.

  • Menggunakan Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya saat sebelum olahraga dan sesudah membersihkan diri. Tabir surya sangat penting bagi tubuh dan wajah, terutama apabila Anda berolahraga di luar rumah seperti jogging, bersepeda, dan berenang.

Tabir surya mencegah kulit terbakar dan memerah. Selain itu, UVA dan UVB merupakan radiasi sinar matahari yang tidak baik untuk kulit.

Saat Anda berolahraga di gym atau di pusat olahraga lain, bawalah pembersih wajah dan perlengkapan membersihkan diri. Anda dapat menempatkan peralatan mandi tersebut di tas olahraga agar tidak lupa.