Memilih kacamata bisa menjadi hal yang membingungkan. Terutama apabila Anda pertama kali mengenakan kacamata. Ada beragam kacamata menurut penggunanya seperti kacamata yang didesain untuk laki-laki, kacamata dengan desain untuk perempuan, dan kacamata unisex yang memiliki desain serta warna yang dapat digunakan untuk semua orang.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kacamata

Kacamata dapat digunakan sebagai aksesoris tambahan untuk menambah nilai pada penampilan, selain sebagai alat yang membantu mata Anda. Sebelum Anda membeli kacamata, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Memperhatikan Bentuk Wajah

Kacamata memiliki model bingkai yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk persegi, bulat, half frame, atau memiliki aksen tajam seperti gaya retro. Dari berbagai model bingkai ini, perhatikan bingkai kacamata yang cocok dengan wajah Anda.

Bingkai kacamata yang cocok akan membuat wajah Anda tampak lebih proporsional dan pas untuk dikenakan. Selain itu, kacamata dengan bingkai pas juga dapat membuat penampilan Anda tampak menarik.

Periksalah bentuk wajah Anda terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah beberapa kacamata yang direkomendasikan untuk bentuk wajah Anda. Selain mencoba secara langsung, Anda dapat menggunakan virtual mirror yang disediakan oleh situs optik terpercaya Anda.

  • Memilih Material Bingkai

Memilih material bingkai juga penting untuk diperhatikan. Ada berbagai bahan yang dapat Anda pilih untuk bingkai tergantung dengan selera. Material yang digunakan untuk bingkai antara lain logam, plastik, serta campuran logam mulia seperti emas dan perak.

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap logam, lebih baik menggunakan bingkai plastik sehingga tetap nyaman digunakan.

  • Memilih Kacamata Unisex

Ada berbagai desain pada kacamata, seperti desain untuk perempuan atau laki-laki. Seringkali banyak orang yang ingin melihat model lain dari desain tertentu tersebut. Untuk itu, Anda dapat memilih kacamata unisex yang didesain untuk siapapun yang memakainya.

Anda juga dapat mengkombinasikan menggunakan kacamata yang berbeda sehingga mendapat gaya kacamata yang lain.

  • Menyesuaikan Lensa dengan Aktivitas dan Pekerjaan

Memilih kacamata juga dapat disesuaikan dengan aktivitas dan pekerjaan. Anda dapat menggunakan kacamata yang menggunakan lapisan anti pantulan untuk bekerja di luar ruangan yang banyak terkena matahari.

Bagi Anda yang bekerja dengan melibatkan minyak atau air seperti di restoran, Anda dapat menggunakan lensa kacamata anti noda. Lapisan anti noda akan memudahkan Anda membersihkan kacamata dari cipratan minyak.

  • Memperhatikan Bridge dan temple pada Kacamata

Kacamata juga menyesuaikan bentuk hidung seseorang. Karena bentuk hidung tiap orang tidak sama, maka perlu diperhatikan mengenai bridge atau penyangga pada hidung. Jika bridge tidak sesuai dengan penyangga hidung, maka Anda akan merasa tidak nyaman saat menggunakan kacamata.

Selain bridge, Anda perlu melihat bentuk temple atau penyangga kacamata yang dikaitkan di telinga. Temple memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada bingkai yang tebal dan tipis. Berilah pertimbangan bingkai mana yang nyaman digunakan.

  • Mempertimbangkan Bahan Lensa

Bahan lensa kacamata juga berbeda beda seperti material bingkainya. Lensa kaca memberikan pengalaman penglihatan lebih baik. Selain itu, kacamata ini minim risiko tergores. Tetapi, kacamata dengan lensa yang berat dan mudah pecah.

Berbeda dengan lensa kaca, lensa plastik memiliki bobot lebih ringan. Tetapi, Anda akan mudah menemukan goresan-goresan tipis saat menggunakannya, terlebih lagi jika tidak menggunakan kain yang tepat saat membersihkan kacamata.

Bahan lensa selanjutnya adalah polikarbonat yang memiliki sifat lebih ringan dari plastik dan tahan banting. Di sisi lain, lensa asperik merupakan bahan lensa yang lebih tipis. Setelah mengetahui jenis lensa, pilihlah lensa kacamata yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Memilih kacamata secara daring tentu tidak mudah, Oleh karena itu, Anda dapat memilih kacamata unisex yang dapat digunakan untuk semua orang. Selain memperhatikan tips di atas, Anda juga sebaiknya secara berkala ke dokter mata agar mata tetap sehat.