Sebagai para pecinta kopi, tentu sudah pernah menikmati kopi hitam bukan? ini merupakan salah satu pilihan kopi dimana dapat menjadi pilihan terbaik untuk menikmati rasa asli dari kopi tanpa adanya bahan-bahan tambahan. Tidak hanya itu saja, rasanya yang masih asli itulah menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kopi.

Untuk menikmati jenis kopi yang satu ini tentu ada banyak cara yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan mesin esspreso. Membuat kopi dengan menggunakan mesin yang satu ini ternyata tidak kalah nikmatnya dengan kopi tubruk. Terlebih lagi, cara inipun terbilang lebih praktis dan efisien.

Cara membuat kopi hitam espresso

Untuk anda yang ingin menikmati kopi hitam espresso ini, anda tidak perlu pergi ke café maupun coffe shop terlebih dahulu. Karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang perlu anda siapkan adalah anda harus memiliki alat espresso terlebih dahulu.

Walaupun terdengar mudah, tetapi membuat kopi espresso yang lezat dan nikmat ternyata tidaklah semudah yang ada di bayangan loh. Apabila anda tidak mengetahui takaran yang tepat maka rasa yang dihadirkan dijamin tidak akan nikmat. Untuk itulah, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan.

  1. Perhatikan gilingan kopi dan level roasting

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah gilingan kopi dan level roasting yang dimiliki. Untuk level roastingnya, sebaiknya anda memilih medium dark roast ataupun dark roast untuk menghadirkan rasa yang segar. Sedangkan untuk gilingan kopi, sebaiknya anda tidak menggiling kopi terlalu halus karena untuk mempertahankan rasa yang dimiliki.

  1. Persiapkan mesin espresso, coffee dan gelas

Jika sudah, cara membuat kopi hitam berikutnya adalah dengan menyiapkan mesin espresso, coffee yang sudah dipanggang dan digiling sebelumnya serta gelas espresso. Anda bisa menyalakan terlebih dahulu mesin espresso hingga indikator lampu siap digunakan suda menyala.

  1. Masukkan bubuk kopi

Jika sudah anda bisa memasukkan bubuk kopi ke portafilter hingga penuh. Untuk anda yang akan membuat single shot maka jumlah kopinya berkisar 7-9 gram dan untuk double shot adalah 14-18 gram. Jika sudah, anda bisa menekan tamper bawaan dari mesin espresso.

  1. Pasang portafilter dengan benar

Jangan lupa untuk memasang portafilter dengan benar dan taruh gelas pada lokasi yang tepat. Pada mesin siap ditekan. Nyalakan mesin pada pilihan seduh espresso dan tunggu hingga kopi menetes pada gelas.

Untuk anda yang ingin lebih simple dalam membuat kopi espresso ini maka anda bisa melengkapinya dengan kopi dari Dolce Gusto Nescafe. Nescafe memiliki beberapa pilihan jenis kopi yang bisa anda pilih untuk menghadirkan kopi hitam autentik.

Salah satunya adalah varian espresso nescafe dimana menghadirkan aroma kopi panggang yang cukup kuat dan lembut. Kesegaran kopi pun ternyata dicampur dengan aroma delima dan biji kenari. Siapkan kopi hitammu dari nescafe ini.