Barang-barang kerajinan tangan sudah sangat dikenal dan diminati banyak orang terutama tas wanita. Kerajinan tangan tas akan sangat menguntungkan apalagi jika menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak dipakai. Tentu saja bahan yang diperlukan sangat mudah didapatkan dan anda bisa membuat tas sendiri di rumah.

Salah satu bahan kerajinan yang bisa digunakan untuk membuat tas yaitu kain perca. Kain perca merupakan kain dengan potongan-potongan kecil sisa jahitan yang biasanya akan dibuang. Daripada dibuang, anda bisa memanfaatkan kain perca yang telah dikumpulkan untuk membuat tas. Desain tas kain perca memiliki corak yang unik karena berbeda-beda setiap potongan dan pastinya akan sangat menarik ketika digunakan.

Anda memang dapat membeli tas dengan sangat mudah karena sudah tersedia di mana saja. Umumnya tas terbuat dari berbagai jenis bahan seperti kulit, plastik, kain flanel, kain blacu, dan lain-lain. Namun apabila anda memiliki jiwa kreatif dan suka membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk membuat tas sendiri.

Anda bebas mengkreasikan tas dari kain perca sesuai dengan corak dan warna yang diinginkan. Biasanya akan lebih bagus jika anda menggunakan corak batik. Selain untuk membuat tas, kain perca juga umum dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan lainnya seperti dompet, boneka, sarung bantal, bed cover, keset kaki, dan lain-lain.

Bahan dan Cara Membuat Tas Wanita Dari Kain Perca

Biasanya kain perca akan dipotong berbentuk ukuran persegi kemudian digabungkan menjadi satu dan dibuat untuk bahan kerajinan tangan salah satunya tas. Kain perca dapat digunakan untuk membuat tas tangan, tas jinjing, tas selempang, maupun tas ransel. Kali ini akan dibahas cara membuat tas wanita dari kain perca. Sediakan bahan-bahan terlebih dahulu kemudian ikuti cara pembuatannya.

  • Kain perca motif apapun
  • Benang jahit
  • Resleting
  • Busa angin tipis
  • Aksesoris tas seperti kancing, pita, dan lain-lain
  1. Buat pola tas di atas kertas terlebih dahulu. Tentukan ukuran tas yang ingin dibuat sehingga anda bisa menyediakan ukuran kain yang pas dan tidak kekurangan bahan.
  2. Gunting kain perca dengan ukuran yang sama kemudian satukan dengan benang jahit. Proses menjahit harus dilakukan dengan hati-hati agar jahitan lebih rapi dan kuat.
  3. Setelah kain disatukan menjadi kain yang lebar, gunting kain perca sesuai dengan ukuran dan pola yang telah digambar. Panjangkan kain sekitar 2 cm untuk bagian lipatan. Sehingga apabila anda menginginkan tinggi tas 17 cm, maka potong kain sepanjang 19 cm begitu juga dengan lebar kain.
  4. Letakkan busa angin di atas kain kemudian lapisi dengan kain perca lagi untuk menutupi busa. Jahit pada bagian sisi busa dengan kain perca dengan rapi.
  5. Buatlah tali dengan kain perca dengan ukuran lebar dan panjang sesuai dengan keinginan kemudian lapisi kain dengan busa angin. Jahit dengan rapi pada sisi-sisinya kemudian sambungkan pada tas.
  6. Pasangkan resleting agar tas tetap aman kemudian tas sudah siap digunakan. Gunakan resleting yang berkualitas agar tidak mudah rusak karena anda pastinya akan sering membuka dan menutup tas.
  7. Apabila terlalu polos, anda bisa menambahkan aksesoris tambahan seperi kancing, pita, manik-manik, atau bunga sesuai dengan keinginan.

Menggunakan kain perca pastinya akan membuat tas anda lebih unik dan menarik karena memiliki gabungan beberapa pola yang berbeda. Anda juga dapat kreasikan tas wanita anda sesuai keinginan dengan pola dan corak kain yang dipilih.