Bahan kulit merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk bikin sepatu. Bahan kulit terbagi menjadi beberapa jenis di mana masing-masing jenis memiliki tekstur dan tampilan yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenis dan model sepatu.

Bahan Kulit Untuk Bikin Sepatu

  1. Suede

Kulit Suede merupakan bahan untuk membuat sepatu yang memiliki tekstur permukaan yang sedikit berserabut dan lembut bahkan disebut sebagai “kulit balik” karena diproses secara terbalik yaitu disamak dari bagian dalam kulit. Sepatu suede sering dijadikan sebagai sepatu fashion baik itu wedges ataupun heels yang terkesan lebih santai dan kasual. Sayangnya sepatu suede lebih cepat kotor karena debu yang mudah menempel.

  1. Buk / Nubuck

Kulik buk atau nubuck memiliki tekstur yang hampir sama dengan kulit suede tetapi lebih lembut, lebih halus, dan lebih banyak memiliki serabut. Suede dan nubuck juga memiliki perbedaan pembuatan, jika suede terbuat dari bagian dalam kulit binatang maka nubuck terbuat dari bagian luar kulit binatang yang diampelas hingga mengeluarkan serabut-serabut yang halus. Memiliki kekurangan yang sama dengan suede yaitu mudah kotor dan berdebu.

  1. Brush Off

Jenis kulit sepatu brush off memiliki permukaan yang halus dan mengkilat sehingga sangat mudah dibersihkan. Jenis kulit ini dilapisi dengan bahan protektif seperti akrilik sehingga kulit akan tetap mengkilat dan licin. jenis sepatu brush off mudah dibersihkan dan dikilatkan kembali, umumnya digunakan untuk sepatu formal.

  1. Full Grain

Kulit full grain diperoleh dengan cara disamak dengan mempertahankan tekstur kulit tanpa mengubah strukturnya sehingga masih terlihat alami. Full grain memiliki tekstur yang tebal namun memiliki pori-pori sehingga dapat membantu sirkulasi udara. Jenis sepatu full grain paling mudah ditemukan di pasaran karena merupakan jenis kulit yang paling banyak digunakan untuk membuat sepatu apa saja. Selain sepatu, full grain juga dapat digunakan untuk tas kulit, jaket, dan lain-lain.

  1. Nappa

Jenis kulit nappa memiliki tekstur permukaan yang lebih halus, mengkilat, dan telah diproses menggunakan berbagai pilihan warna. Sepatu berbahan kulit Nappa akan terlihat lebih elegan namun kekurangannya yaitu akan lebih mudah retak apalagi jika kualitas warna yang digunakan kurang bagus.

  1. Pull up

Kulit jenis pull up merupakan proses pengolahan lanjutan dari kulit finish leather. Kulit yang telah selesai diproses menjadi finish leather kemudian ditarik menjadi melar sehingga menghasilkan jenis kulit yang lebih tipis.

  1. Milling

Jenis kulit Milling digunakan untuk bikin sepatu dengan melewati proses pengeringan terlebih dahulu sehingga akan menghasilkan tekstur yang halus dan lembut. Sepatu kulit Milling diproduksi dengan berbagai pilihan warna namun hanya beberapa jenis dan model sepatu tertentu yang menggunakan bahan Milling karena lebih umum digunakan untuk membuat tas.