Kesehatan

Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum Diderita

Jenis Penyakit Autoimun yang Paling Umum Diderita

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang bertujuan untuk melindungi dan menjaga tubuh dari organisme asing seperti virus dan bakteri namun ternyata terdapat penyakit di mana kondisi kekebalan tubuh malah menyerang tubuh sendiri yaitu penyakit autoimun. Terdapat sebanyak 80 jenis penyakit autoimun yang dapat menyerang tubuh.

Jenis-Jenis Gangguan Autoimun

Penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel dalam tubuh yang sehat dan menganggapnya zat asing sehingga akan menyerah sel yang masih sehat dan merusak sel dan jaringan pada tubuh. Penyakit ini dapat menyerang hampir seluruh bagian tubuh. Terdapat beberapa jenis penyakit autoimun yang umum terjadi :

  • Rematik

Rematik atau nyeri sendiri di mana sistem imun menyerang sendi yang menyebabkan nyeri, pembengkakan, dan radang. Gejala yang dirasakan yaitu sendi sakit saat digerakkan, kaku, dan bengkak.

  • Lupus

Lupus terjadi jika sel antibodi menempel pada jaringan di seluruh tubuh umumnya jaringan pada sendi, kulit, saraf, sel darah, paru-paru, dan ginjal. Umumnya gejala yang dialami yaitu berat badan turun, demam, kelelahan, ruam, rambut rontok, nyeri dan bengkak pada sendi dan otot, sakit kepala, sakit dada, sensitif terhadap sinar matahari, dan kejang.

  • Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit gangguan autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit baru lebih cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit. Gejala yang dialami yaitu kulit lebih tebal, bersisik, kemerahan, gatal, nyeri, dan terdapat seperti bercak putih-perak.

  • Radang usus

Penyakit radang usus juga dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang lapisan usus. Gejala yang dialami yaitu diare, sakit perut, buang air besar secara mendesak, pendarahan pada dubur, demam, kelelahan, dan berat badan turun.

  • Diabetes mellitus tipe 1

Penyakit ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel penghasil insulin yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar gula darah di dalam pankreas sehingga tubuh tidak dapat menghasilkan insulin menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi penglihatan, ginjal, saraf, dan gusi.

  • Sindrom Guillain-Barre

Penyakit ini disebabkan ketika sistem imun menyerang saraf dengan gejala awal yang menyerang sistem pernafasan. Selain itu juga terdapat gejala seperti rasa lumpuh atau kesemutan di kaki dan tangan atau bahkan wajah pada beberapa orang kemudian sensasi ini akan dengan cepat menyebar dan membuat seluruh tubuh lumpuh.

  • Sklerosis ganda

Sklerosis ganda adalah jenis penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan pelindung sekitar saraf sehingga dapat menyebabkan kerusakan otak dan sumsum tulang belakang. Gejalanya bervariasi tergantung tingkat serangan dan lokasi pada setiap individu namun orang yang menderita sklerosis ganda dapat menunjukkan gejala kebutaan, kelumpuhan, mati rasa, koordinasi yang buruk, otot menegang, tubuh lemah.