Kesehatan

Makanan Tepat Untuk Ibu Hamil

Makanan Tepat Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu hamil dituntut untuk tahu betul makanan apa yang baik untuk dirinya, serta janin dalam kandungannya. Hal ini dikarenakan tumbuh kembang janin dalam kandungan bergantung pada makanan yang konsumsi oleh sang ibu. Hal ini juga bisa berdampak pada tumbuh kembangnya pasca dilahirkan. Bila tidak cermat, Anda mungkin saja mengalami kehamilan yang beresiko. Oleh karena itu penting begi Anda mengetahui sejak dini makanan yang tepat untuk ibu hamil yang mungkin bisa sebagai referensi, serta bisa mengantiipasi makanan-makanan yang berbahaya bagi ibu hamil. Daripada penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

  • Telur

Dengan catatan bukan telur mentah atau setengh matang. Telur yang matang bayak mengandung 12 vitamin, protein, dan mineral yang baik untuk pertumbuhan sel-sel janin. Disamping itu telur juga mengandung omega-3 yang penting untuk perkembangan otak calon bayi ada dalam kandungan.

  • Kacang

kacang-kacagan merupakan sumber protein dan serat. Jenis kacang-kacangan yang direkomendasikan antara lain buncis, yang memiliki protein dan serat terbaik. Serat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil mengingat pada saat kehamilan akan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit bahkan juga wasir. Kacang-kacangan juga mengandung asam folat, zat besi dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan janin.

  • Ubi jalar

Makanan yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi Anda. Harganya yang relatif murah mungkin membuat Anda bertanya-tanya, mengapa ubi jalar baik untuk ibu hamil? Ubi jalar khususnya yang berwarna orange mengandung karotenoid yang dapat dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Ubi juga mengandung vitamin C, asam folat, dan serat secara keseluruhan sangat baik manfaatnya bagi ibu hamil sendiri maupun janin dalam kandungan.

  • Sayuran berdaun hijau

Makanan berikutnya adalah sayuran berdaun atau berwarna hijau. Sayur-sayuran sendiri sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Apalagi sayuran berwarna hijau seperti brokoli atau bayam. Sayuran ini banyak mengandung vitamin A, C, K dan juga folat yang penting untuk janin, serta ibu hamil. Konsumsi sayuran ini dengan catatan, harus dicuci dengan bersih agar terhindar dari berbagai bakteri yang justru akan membahayakan.

Demikian ulasan singkat mengenai makanan yang tepat untuk ibu hamil yang dapat dijadikan referensi dalam upaya menghindari resiko yang ada dari makanan yang dikonsumsi. Jangan lupa selalu berkonsultasi pada dokter kandungan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya. Semoga bermanfaat bagi pembacanya.