Pernahkah kamu mendengar tentang Malang flower carnival? Bagi kamu yang warga asli Malang, tentunya nama perayaan yang satu ini sudah sangat familiar. Perayaan ini tepatnya dimulai di tahun 2010. Sesuai dengan namanya, carnival ini berhubungan erat dengan bunga lokal.

Malang flower carnival adalah Parade yang diadakan rutin satu tahun sekali di Malang. Ada banyak sekali nilai yang bisa diambil dari kegiatan perayaan atau parade bunga di Malang ini. Ketika festival ini hadir, kamu akan disuguhkan dengan berbagai tampilan rangkaian bunga dalam busana yang sangat memukau.

Beragam Nilai Pada Parade Bunga Malang

Seperti yang sekilas dijelaskan di atas, ada banyak nilai yang bisa diambil dari adanya parade kebudayaan bunga yang diadakan di Malang tersebut. berbagai nilai ini juga memberikan pelajaran yang sangat berarti bagi kehidupan, utamanya bagi warga negara Indonesia.

Lantas apa saja nilai yang bisa diambil dari adanya Malang flower carnival? Penasaran? Yuk simak dan catat beberapa nilai yang bisa diambil dari parade ini:

1. Mengenalkan Budaya Dalam Cara Modern

Kamu tentu tahu bahwa semakin majunya jaman, semakin banyak budaya yang punah dan dilupakan. Apalagi budaya-budaya yang hanya disampaikan dengan cara tradisional. Salah satu contohnya adalah parade tampilan wayang kulit.

Manusia-manusia modern tentu akan lebih memilih untuk menonton bioskop, dari pada harus menyaksikan dalang memainkan wayangnya. Hal ini menunjukkan bahwa budaya tradisional Indonesia telah mati di negaranya sendiri.

Dengan adanya parade perayaan bunga Malang ini, kamu bisa melihat bahwa ada cara yang lebih modern untuk menyampaikan atau melestarikan budaya negeri. Dalam parade ini, ada tujuan untuk mengenalkan potensi bunga yang indah yang ada di Indonesia.

Pengenalan bunga khas Indonesia ini juga tidak hanya ditujukan untuk warga lokal. Bahkan banyak dari warga mancanegara yang tertarik pada parade bunga yang satu ini. Sehingga perayaan ini bisa sekaligus mengenalkan bunga Indonesia di kancah internasional.

2. Melatih Kreativitas

Selain dapat mengenalkan budaya secara modern, parade bunga ini juga memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mengasah kreativitasnya.

Bisa kamu lihat saat perayaan ini tiba, berbagai gaun besar yang berbalut bunga-bungaan dan benda daur ulang dirangkai dengan bentuk yang sangat indah dan memukau. Apalagi setiap tahunnya, panitia selalu mengubah tema yang berbeda-beda.

Dengan berbagai tema bunga yang berbeda ini, menjadikan warga yang terlibat akan semakin berfikir dan berkreasi dalam seni dan budaya.

3. Mengajak Warga Lokal Untuk Melestarikan Keindahan Budaya

Dalam parade bunga ini, tidak hanya nilai keindahan bunga saja yang bisa didapat. Kekompakan dalam mengolah rangkaian bunga dalam parade kebudayaan, juga bisa dipelajari.

Dengan adanya parade ini, warga lokal juga diajak untuk semakin bangga dan tidak malu untuk mengapresiasi kekayaan alam Indonesia di kancah dunia. Semua apresiasi ini pun dirangkai dalam suatu parade kebudayaan yang selalu dilakukan setiap tahunnya.

4. Menambah Wawasan

Teruntuk siapa saja yang menghadiri parade ini, pastilah ada wawasan yang bisa diambil. Mulai dari jenis-jenis bunga yang digunakan, hingga manfaat dari bunga itu sendiri. dengan cara yang lebih realistis, mempelajari bunga jadi lebih menarik dengan adanya parade bunga yang satu ini.

5. Mengajak Masyarakat Untuk Melestarikan Lingkungan

Selain menggunakan bahan-bahan bunga, setiap busana memukau yang dikemas pada parade ini juga menggunakan sampah-sampah bekas yang bisa didaur ulang. Dari sini, ada nilai pelestarian lingkungan yang bisa didapat.

Dengan penggunaan sampah bekas, maka pencemaran lingkungan akibat sampah pun bisa diatasi dengan baik.

6. Kombinasi Modern dan Lokalitas

Seperti yang dapat kamu lihat, parade bunga ini hadir dengan bentuk yang lebih modern. Dari segi kebudayaan, adanya parade ini memiliki nilai lokalitas. Warga Malang ingin semua orang tahu bahwa Malang memiliki potensi yang luar biasa untuk dibudidayakan.

Dan semua aspek tersebut dikemas dengan cara yang sangat modern. Tidak heran jika Malang menjadi salah satu kota impian bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang ingin berpindah menjadi warga lokal Malang.

7. Memberikan Kesempatan Yang Sama Untuk Semua Kalangan

Parade bunga yang diadakan di Malang ini, ternyata memiliki dua jenis kategori. Kategori yang dimaksud adalah anak-anak dan dewasa. Dalam hal ini, tidak hanya orang dewasa yang bisa berkreasi dengan gaun bunganya.

Anak-anak Malang pun punya kesempatan yang sama untuk mengenalkan dan menunjukkan kreativitas mereka dalam menyemarakkan kegiatan budaya yang satu ini.

8. Sebagai Bentuk Hiburan Lokal

Malang flower carnival juga hadir sebagai ajang hiburan bagi masyarakat setempat. Bahkan tidak hanya bagi warga setempat, bagi warga pendatang pun, kegiatan ini bisa menjadi hiburan tersendiri dari padatnya kegiatan di kota Malang.

Berbagai nilai yang sudah disebutkan di atas, bisa menjadi acuan kita semua untuk bisa semakin belajar dari kebudayaan yang ada. Bahkan kamu juga jadi bisa lebih tahu bahwa kebudayaan tidak harus dilestarikan dengan cara tradisional yang membosankan.