Ketika mempelajari jenis teks bahasa Inggris, pasti kamu akan bertemu dengan descriptive text. Jenis teks satu ini tergolong populer dari jenis teks lainnya. Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui apa itu descriptive text, bahkan ada yang beranggapan descriptive text sama dengan procedure text. Untuk itu, yuk kupas tuntas descriptive text!

Pengertian Descriptive Text

Descriptive text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan atau mendeskripsikan bagaimana suatu objek terlihat. Ada beberapa objek yang sering dijelaskan dalam descriptive text, yaitu manusia atau makhluk hidup lainnya, benda mati, atau tempat.

Descriptive text berbeda dengan procedure text meskipun sama-sama berguna untuk menjelaskan sesuatu secara spesifik. Perbedaannya ialah descriptive text menjelaskan suatu objek, procedure text menjelaskan langkah untuk melakukan sesuatu.

Struktur Umum Descriptive Text

Untuk membentu descriptive text yang benar, kamu membutuhkan dua struktur umum yang perlu diterapkan. Berikut kedua unsur tersebut:

1. Identification

Identification adalah bagian pertama yang menceritakan fenomena objek yang akan dideskripsikan. Dengan kata lain, bagian ini juga merupakan pengantar singkat sebelum masuk ke detailnya nanti.

2. Description

Description adalah bagian kalimat yang menjelaskan dan berisi ciri-ciri khusus yang dimiliki benda, tempat, atau orang yang dideskripsikan. Misalnya, sifat-sifat, tampilan fisik, ukuran, warna, dan hal lainnya yang dituliskan dengan spesifik.

Ciri Descriptive Text

Setelah mengetahui bagaimana struktur penulisannya, kamu juga perlu mengetahui bagaimana ciri-cirinya. Berikut ciri-ciri descriptive text:

Menggunakan Simple Present Tense

Descriptive text menggunakan simple present tense karena menceritakan sebuah fakta dari objek yang dideskripsikan, misalnya:

  • My office has 4 floors
  • Rose is pretty
  • My dog has thick furs

Menggunakan Kata Sifat

Ketika menjelaskan bentuk suatu objek pastinya kamu membutuhkan kata sifat. Maka dari itu, descriptive text menggunakannya untuk memperjelas kata benda. Berikut contohnya:

  • The red book
  • The beautiful flowers
  • The tame dog

Itu dia penjelasan mengenai descriptive text. Kamu bisa mempelajari contoh descriptive text agar lebih menguasai jenis teks satu ini. Untuk mempelajarinya, kamu bisa gabung kursus Bahasa Inggris di Cakap. Belajar langsung dengan teacher profesional bukan video rekaman!