Bagi ibu muda yang baru mempunyai anak, pastinya akan kebingungan dalam mempersiapkan kelahiran, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana merawat bayi yang baru lahir. Selain membaca artikel mengenai cara merawat bayi baru lahir, perlu diperhatikan juga beberapa pantangan yang harus Anda hindari saat merawat bayi.

1. Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari Secara Langsung

Masih banyak orang tua yang beranggapan kalau menjemur bayi merupakan hal yang harus dilakukan. Terlebih lagi jika bayi Anda menderita hiperbilirubin (penyakit kuning). Orang tua cenderung menjemur bayi sebagai prioritas agar kondisi bayi kuning tidak berlangsung sangat lama. Memang menjemur bayi di bawah terik matahari pagi adalah anjuran.

Namun, perlu diperhatikan`adalah berapa lama yang diperlukan untuk menjemur bayi Anda di tengah terik matahari, hanya perlu 10-15 menit saja. Waktu paling efektif untuk menjemur bayi Anda antara jam 7-8 pagi. Selain itu, usahakan jangan terkena terik matahari secara langsung, cukup terkena bias cahaya saja, dengan berjemur di teras rumah.

2. Mengkonsumsi Air Putih

Sebelum bayi menginjak usia 6 bulan, jangan pernah memberikan makanan atau minuman selain. Sebab, yang dibutuhkan bayi usia dibawah 6 bulan hanya ASI (Air Susu Ibu) saja. Namun, masih ada saja orang tua yang nekat memberikan air putih yang dianggap baik untuk dikonsumsi bayi yang baru lahir.

Usia bayi yang masih kecil membuat bayi tidak membutuhkan makanan lain termasuk air putih. Hal tersebut disebabkan karena air putih bukan termasuk minuman nutritive. Selain itu, organ tubuh pada bayi juga belum siap untuk menerima asupan makanan maupun minuman lain. Oleh karena itu, jangan berikan air putih untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

3. Mengenakan Sarung Tangan dan Kaki Sepanjang Hari

Mengenakan sarung tangan dan kaki kepada bayi memang tidak ada yang melarang dan boleh-boleh saja. Namun, perlu diperhatikan agar tidak mengenakannya secara terus-menerus. Jika dikenakan terus-menerus, maka bayi Anda tidak akan bisa mengembangkan jari dan tangan dengan sebaik mungkin. Selain itu, ruang untuk eksplorasi si kecil juga akan terbatas.

Oleh sebab itu, ada baiknya saat mengenakan sarung tangan dan kaki kepada bayi cukup sebentar saja saat ada momen-momen tertentu, seperti dalam kondisi cuaca yang dingin, atau saat Anda masih belum memotong kuku jari tangan Anda.

4. Memberikan Minyak Penghangat

Salah satu pantangan yang sering dilakukan oleh orangtua adalah memberikan minyak penghangat. Walaupun niatnya baik, untuk menghangatkan tubuh si kecil. Namun, kondisi kulit bayi yang masih sensitif akan membuat kulit bayi iritasi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menggunakan cara lain agar suhu tubuh bayi tetap stabil.

Seperti itulah 4 pantangan yang perlu Anda hindari saat merawat bayi yang baru lahir. Selain itu, Anda juga bisa melihat review dari orang lain yang sudah berpengalaman mengenai cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar. Sehingga bayi Anda dapat tumbuh dan berkembang dengan sebaik mungkin.