Statistik adalah ilmu yang bergerak dalam bidang pengumpulan data. Ilmu ini nantinya akan menghadirkan data dengan beragam skema yang tentu saja akan mempermudah pembacaan sehingga kondisi riil dari suatu kejadian –berdasarkan data, akan diketahui dengan lebih mudah. Metode analisis statistik sendiri dibagi menjadi beberapa macam, salah satunya adalah analisis statistik deskriptif.

Bisa dikatakan statistik deskriptif merupakan metode analisis yang cukup umum digunakan dan menjadi pilihan dari seseorang yang hendak melakukan penelitian. Namun, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa itu analisis statistik deskriptif dan juga beberapa teknik pengumpulan data yang bisa digunakan.

Pengertian Statistik Deskriptif

Hal terkait statistik deskriptif yang harus diketahui adalah pengertian dari statistik deskriptif itu sendiri. Nah, dalam hal ini, statistik deskriptif adalah salah satu bagian dari ilmu statistika yang secara umum memiliki hubungan dengan beragam aktivitas mulai dari penghimpunan, penataan, peringkasan serta penyajian data.

Keseluruhan hal tersebut dilakukan dengan harapan nantinya data yang didapatkan akan cenderung lebih berguna, mudah dibaca dan bisa dipahami dengan baik oleh pengguna. Perlu diketahui bahwa statistik deskriptif hanya sebatas untuk memberikan sebuah deskripsi saja atau gambaran umum terkait karakteristik salah satu objek yang diteliti tanpa adanya maksud untuk generalisasi sample.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Beberapa kegiatan yang terangkum dalam pelaksanaan proses analisis statistik deskriptifadalah pengumpulan, pengelompokan serta pengolahan. Proses tersebut nantinya akan menghasilkan ukuran-ukuran statistik agar menjadi kelompok data yang lebih mudah dibaca dan dipahami pembaca dengan lebih baik.

Cara Pengumpulan dan Penataan Data

Berbincang tentang statistik deskriptif, maka pengumpulan dan penataan data adalah hal yang begitu penting untuk dipahami dengan baik. Kedua hal tersebut nantinya akan berpengaruh pada bagaimana proses analisis bisa dilakukan dan tentu saja bagaimana hasil dari proses analisis tersebut.

Adapun beberapa cara atau metode yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan statistik deskriptif tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sensus

Sensus adalah salah satu metode pengumpulan data dalam statistik deskriptif yang cukup umum dilakukan. Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan cara melakukan pendataan secara lengkap terhadap unit populasi.

Ada beberapa keuntungan dari penggunaan sensus untuk pengumpulan data, salah satunya adalah cakupan yang lengkap. Hal ini dikarenakan sensus dilakukan dengan cara mendatangi satu per satu objek pengumpulan data. Selain itu, sensus termasuk metode yang bisa diandalkan karena bebas dari kesalahan pengambilan sample.

Akan tetapi, ada beberapa kelemahan dari metode pengumpulan data statistik deskriptif ini. Salah satu kesalahan yang sering muncul adalah lebih boros pada waktu, tenaga dan biaya karena adanya banyak hal yang harus disiapkan dan dilakukan. Selain itu, karakteristik objek penelitian dengan metode ini biasanya tidak bisa mencakup terlalu banyak.

  • Survei

Survei merupakan metode pengumpulan data dalam statistik deskriptif yang dilakukan hanya pada sebagian unit populasi. Artinya, sebagian unit tersebut dianggap mewakili sejumlah populasi tertentu. Metode ini juga termasuk yang cukup sering digunakan.

Ada beberapa kelebihan dari pengumpulan data statistik deskriptifini diantaranya seperti kesalahan dapat diukur dan cenderung lebih hemat waktu serta tenaga. Selain itu, dengan menggunakan survei, maka kegiatan pendataan akan cenderung lebih mudah dan karakteristik yang dicakup cenderung lebih rinci.

Namun, survei juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu yang menjadi ciri khas dari survei adalah adanya kesalahan sampling. Artinya, survei tidak bisa memetakan kondisi satu populasi dengan tingkat akurasi yang mutlak.

Beberapa hal di atas berbincang tentang analisis statistik deskriptifyang perlu diketahui. Juga, ada beberapa cara pengumpulan data yang akan membantu proses analisis tersebut.