Asuransi jiwa terdiri dari beberapa jenis yaitu asuransi jiwa berjangka dan asuransi seumur hidup. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kali ini kita akan membahas perbedan dari asuransi – asuransi tersebut.

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi, memang asuransi tidak begitu menguntungkan karena tidak akan mengalami perkembangan atau jumlahnya tidak akan berlipat ganda.

Namun, asuransi jiwa akan jauh lebih membantu kalau terjadi hal-hal yang diinginkan. Kamu akan mendapatkan uang tanggungan dari asuransi jika sudah membayar premi secara teratur sebelumnya.

Sementara jika hanya mengandalkan instrumen investasi, kebutuhan finansial kamu dan keluarga belum tentu terpenuhi sebab dalam kurun waktu yang sebentar, nilainya pun masih sedikit. Ia belum mengalami perkembangan yang signifikan dalam jangka pendek.

Namun, asuransi pun bisa menyebabkan kerugian jika tidak pernah terjadi hal-hal yang berada di luar dugaan. Premi yang dibayarkan secara teratur dapat hangus begitu saja atau menjadi hak milik perusahaan asuransi.

Perbedaan Asuransi Jiwa Berjangka dan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa berjangka

Oleh perusahaan asuransi, produk ini sering disebut term life insurance. Asuransi ini memberi proteksi sesuai dengan jangka waktu yang disepakati. Bila selama periode proteksi gak ada klaim, dana premi otomatis hangus.

Premi asuransi jenis ini umumnya lebih murah dibanding produk lainnya. Berdasarkan jenis, asuransi jiwa ini masih dibagi menjadi beberapa produk, yakni:

  • Yearly renewable term insurance: premi dan polis asuransi diperbarui tiap tahun dan biasanya nilainya naik per tahun.
  • Level term insurance: premi dan manfaat yang diberikan tetap selama jangka waktu berlaku polis.
  • Decreasing term insurance: manfaat yang diberikan menurun hingga jangka waktu polis berakhir.
  • Increasing term insurance: manfaat yang diberikan naik hingga jangka waktu polis berakhir sesuai dengan inflasi. Produk ini amat jarang ditawarkan.
  • Family income benefit: keluarga mendapat manfaat berupa penghasilan bulanan, kuartalan, atau tahunan, ketika pemegang polis meninggal.

Asuransi jiwa seumur hidup

Nama lain asuransi jiwa ini adalah whole life insurance. Berkebalikan dengan asuransi jiwa berjangka, produk asuransi ini menawarkan proteksi seumur hidup (hingga umur 99 atau 100 tahun).

Ada unsur tabungan dalam asuransi ini, karena premi yang disetor bisa dicairkan setelah periode kontrak berakhir jika tak ada klaim. Asuransi jenis ini umumnya masih terbagi dua, yakni:

  • Berpartisipasi, jika memilih asuransi jiwa seumur hidup ini, pemegang polis akan mendapat dividen dari keuntungan berlebih perusahaan asuransi.
  • Tidak berpartisipasi, jika memilih jenis asuransi jiwa ini, pemegang polis tidak mendapat dividen.

Nah itulah perbedaan asuransi jiwa berjangka dan asuransi jiwa seumur hidup. Apa pun jenisnya, cuma kamu yang tau mana asuransi jiwa yang bagus dan sesuai sama kebutuhan. Untuk membeli asuransi jiwa yang sesuai kebutuhan kamu dapat membelinya di platform Superyou.co.id dari Sequis Life. Di platform ini kamu dapat membeli asuransi semudah transaksi di toko online dengan premi semurah segelas kopi sehingga tidak mengganggu keuangan kamu. Cukup akses Superyou.co.id pilih produk asuransi yang kamu inginkan kemudian bayar dan tadaaa kamu sudah terproteksi untuk mengurangi risiko yang tak pasti. Mudah bukan?