Selain wisata alamnya yang indah, makanan khas Lombok juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, khususnya untuk pecinta kuliner. Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) begitu populer dikalangan para wisatawan berkat wisata pantainya yang eksotis dan keindahan bawah lautnya yang akan membuat terpukau siapa pun yang menyaksikannya.

Selain panorama dan keindahan alamnya, ada satu hal lagi yang tidak boleh kamu lupakan dari Lombok, yaitu aneka makanannya yang khas. Kuliner tradisional Lombok punya karakteristik yang hampir mirip dengan makanan khas Bali, khususnya dari penggunaan rempah dan cita rasanya yang tajam.

Setiap kawasan di Lombok punya ciri khas kuliner tersendiri, begitu pun dengan kawasan Lombok Timur. Ketika kamu berwisata di Lombok Timur, terdapat beberapa makanan khas di kawasan tersebut yang patut dicoba, seperti :

  1. Plecing Kangkung

Perjalanan kamu dan keluargan ke Lombok Timur rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi plecing kangkung. Makanan khas Lombok Timur ini seperti namanya terbuat dari kangkung yang direbus, lalu disajikan dingin dengan sesendok sambal spesial sebagai pelengkapnya.

Selain itu, plecing kangkung juga biasanya ditemani sayuran lain seperti tauge, buncis, dan kelapa parut. Kangkung yang digunakan untuk membuat plecing kangkung juga bukan kangkung biasa, namun kangkung khas Lombok yang punya ukuran batang yang besar besar.

  1. Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok Timur ini terkenal akan cita rasanya yang gurih dan pedas. Ayam taliwang disajikan dalam beberapa pilihan seperti ayam taliwang pedas manis, sambal lima, plecingan, dan lain lain.

Menikmati seporsi ayam taliwang akan terasa makin lezat jika ditemani sepiring nasi putih hangat dan seporsi plecing kangkung. Dijamin akan membuat kamu ketagihan.

  1. Nasi Balap

Jika di Medan ada mie balap, menu sahur sederhana dan praktis berikutnya di Lombok Timur ada menu nasi balap. Makanan khas Lombok ini berupa nasi putih yang disajikan bersama suwiran ayam berbumbu pedas, kentang kering, kacang kedelai goreng, dan juga telur.

Nasi balap memiliki cita rasa cenderung pedas yang berasal dari ayamnya. Kini, nasi balap sudah bisa ditemukan di kota kota besar lainnya seperti Jakarta.

  1. Sayur Ares

Sayur ares merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari bahan dasar ares atau pelepah daun pisang yang masih muda. Kemudian ares yang telah dipilih diolah lalu dijadikan sayur yang disajikan bersama kuah santan.

Cita rasa sayur ares gurih dan sedikit menyerupai kari khas Indonesia. Dahulu, sayur ares merupakan makanan tradisional Suku Sasak (suku mayoritas di Lombok) yang dijadikan sebagai hidangan dalam acara tertentu seperti pernikahan.

  1. Beberuk Terong

Beberuk Terong merupakan makanan khas Lombok Timur yang memiliki cita rasa pedas manis dan menyegarkan. Beberuk terong ini biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Kuliner tradisional ini dibuat dari terong gelatik yang punya tekstur renyah dan rasa yang langu. Meski sering dianggap remeh, namun terong di Lombok menjadi bahan makanan yang difavoritkan penduduk setempat. Pasalnya, terong menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Terong kaya akan serat, vitamin, mineral, dan juga rendah kalori.

  1. Sate Rembiga

Sate Rembiga merupakan makanan khas Lombok Timur yang terbuat dari daging sapi. Daging sapi yang digunakan untuk membuat sate rembiga harus ditumbuk terlebih dahulu supaya teskturnya menjadi empuk. Setelah itu, direndam didalam bumbu bumbu khusus selama dua jam sebelum ditusuk, lalu dipanggang.