Granola umumnya terdiri dari biji gandum yang sudah digiling menjadi pipih (rolled oats), biji-bijian, madu, dan beras. Bahan-bahan tersebut kemudian akan dipanggang. Beberapa granola juga ada yang dicampur dengan granola kacang mede, buah kering, kacang almond, kurma, kismis, dan lain-lain.

Granola biasanya dijadikan sebagai snack karena dapat langsung dikonsumsi dari bungkusnya namun ada juga yang mencampurkannya dengan madu, yogurt dan buah-buahan seperti pisang, stroberi, blueberry, dan buah-buahan lainnya. bahkan bisa juga dicampur dengan sereal dan susu tergantung preferensi masing-masing.

Manfaat Granola

Granola umumnya mengandung bahan-bahan yang sehat seperti biji-bijian, gandum, hingga kacang-kacangan sehingga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh yaitu :

  1. Kaya akan serat dan mengenyangkan

Granola cocok disantap sebagai menu sarapan karena dapat membuat perut kenyang. Hal ini karena granola kaya akan protein dan serat. Ideal di konsumsi di pagi hari karena kandungan protein granola dapat menghambat produksi hormon ghrelin dan GLP-1 yang merupakan hormon yang mengatur rasa lapar.

  1. Mengandung antioksidan

Granola mengandung antioksidan yang sudah dikenal kaya akan manfaat. Beberapa produk granola bahkan juga dilengkapi dengan chia seeds hingga kelapa perut yang merupakan sumber antioksidan seperti vitamin E, asam galat, kuersetin, dan selenium. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas dan mencegah risiko peradangan tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Protein yang menghambat produksi hormon ghrelin dan GLP-1 dapat mengurangi rasa lapar sehingga dipercaya dapat membantu membatasi asupan makanan dan menurunkan berat badan. Maka dari itu granola sering dijadikan sebagai menu makanan untuk diet karena mengenyangkan meskipun hanya makan dalam jumlah sedikit serta rendah kolestrol dan kaya akan serat.

  1. Menurunkan kolestrol

Ternyata kandungan serat dalam granola dapat membantu menurunkan tingkat kolestrol jahat dan juga meningkatkan kolestrol baik di dalam tubuh. Dengan ini maka dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Namun pastikan untuk memilih granola dengan kandungan lemak baik.

  1. Memberikan energi

Granola juga dapat memberikan energi bagi tubuh namun dalam bentuk zat mineral mangan, bukan gula. Mangan sendiri merupakan zat mineral yang dapat menjaga kesehatan ginjal, hati, serta mendorong sistem metabolisme tubuh. Dengan terjaganya sistem metabolisme tubuh maka energi dapat tersalurkan dengan baik dan adil ke seluruh tubuh.

  1. Mencegah anemia

Umumnya anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi bahkan sering dialami banyak orang tanpa sadar. Granola memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah anemia. Anemia dapat menyebabkan sakit kepala, lelah, lesu, depresi, dan gangguan fungsi kognitif lainnya yang bisa dicegah denagn granola.

  1. Menurunkan tekanan darah

Granola juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam granola yang biasanya memiliki tambahan buah-buahan akan menjaga kadar tekanan darah.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Siapa sangka mengonsumsi granola secara rutin juga dapat memberikan manfaat pada kulit. Hal ini karena granola mengandung vitamin E yang dapat mencegah dan melindungi kulit dari penuaan dini, keriput, dan kulit yang terbakar.

FITCO.id jual granola kacang mede berkualitas yaitu East Bali Cashew Granola Chocolate Vanilla Cashews. Kombinasi bahan alami yaitu kacang mede organik, gandum gulung, dan beras merah dengan rasa coklat vanila yang enak. Kacang granola ini tidak menggunakan pengawet, perasa, dan pewarna serta dipanggang di oven dan sudah memiliki sertifikasi BPM dan Halal.