Bentuk perut ibu hamil 1 minggu memang masih banyak yang belum menyadarinya. Kehamilan baru akan diketahui umumnya pada saat memasuki usia kandungan ke tiga atau empat minggu. Jadi, wajar saja jika Anda tidak menyadari perubahan yang terjadi pada tubuh yang sedang tahap awal kehamilan.

Anda akan sadar jika sedang hamil ketika sudah mengalami gejala morning sickness dan semakin membesarnya ukuran perut. Terlambatnya waktu menstruasi juga menjadi tanda kehamilan Anda. Kehamilan biasa terjadi jika ada pertemuan sel telur dengan ovum setelah berhubungan seksual. Oleh karena itu, kenali lebih awal ciri-ciri hamil 1 minggu berikut.

Ciri-ciri Bentuk Perut Ibu Hamil 1 Minggu

Tidak ada perubahan ukuran signifikan pada bentuk perut ibu hamil 1 minggu. Sebenarnya, saat hamil 1 minggu belum terdapat janin dalam perut ibu. Siklus haid terakhir sebelum kehamilan bisa saja sedang terjadi.

Oleh karena itu, pada periode tersebut Anda akan menstruasi seperti biasanya. Menstruasi yang Anda alami adalah untuk mengeluarkan sel telur yang tidak terpakai pada bulan lalu.

Usia kehamilan 1 minggu memang tidak bisa dideteksi ciri-cirinya dengan pasti. Memasuki kehamilan minggu ketiga atau keempat barulah Anda akan mulai menyadarinya. Fertilisasi dan pembuahan janin baru terjadi setelah hamil 1 minggu yang merupakan tahapan pertama.

Tanda kehamilan umumnya ditandai dengan terlambatnya menstruasi, mual, kembung, cepat lelah, sering buang air kecil, keluar bercak darah, payudara yang mulai membengkak, kram perut dan juga sering mengalami perubahan suasana hati (mood). Saat usia kehamilan baru 1 minggu ini, Anda belum bisa merasakan gejala-gejala tadi.

USG Belum Bisa Mendeteksi Kehamilan Usia 1 Minggu

Tes USG atau ultrasound belum bisa mendeteksi kehamilan usia 1 minggu. Meski belum bisa mendeteksi, USG dapat membantu Anda mengetahui hal yang membuat kesulitan hamil.

Tes ini dapat digunakan untuk mendeteksi masalah dan mengecek ada tidaknya abnormalitas pada reproduksi Anda. Contoh beberapa abnormalitas pada sistem reproduksi seperti kista dan fibroid yang dapat menghambat kehamilan.

Cara Mempersiapkan Kehamilan di Usia 1 Minggu

Langkah awal penting menentukan terjadinya kehamilan dengan mengetahui ciri-ciri hamil 1 minggu. Untuk meningkatkan peluang kehamilan, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

1.   Konsumsi Vitamin untuk Persiapan Hamil

Mulailah konsumsi vitamin untuk kehamilan seperti vitamin D, asam folat, kalsium dan sebagainya seperti yang dianjurkan dokter. Mengkonsumsi vitamin baik untuk ibu hamil dan janin, selain itu juga dapat mengurangi resiko terjadinya cacat pada bayi.

Konsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari dimulai dari seminggu atau sebulan sebelum merencanakan kehamilan.

2.   Jaga Pola Makan

Menjaga pola makan sangat penting bagi calon ibu saat sedang hamil 1 minggu. Konsumsi buah dan sayuran. serat, lemak dan protein yang baik untuk tubuh.

3.   Pahami Masa Ovulasi

Anda harus mengetahui kapan masa ovulasi pada saat hamil 1 minggu berlangsung guna mengetahui masa subur Anda dan merencanakan waktu yang tepat untuk berhubungan intim.

Anda dapat mengecek kalender untuk mengetahui masa ovulasi atau bisa melakukan konsultasi bersama dokter kandungan.

4.   Olahraga Rutin

Anda dapat membantu meringankan efek menstruasi pada masa kehamilan 1 minggu dengan berolahraga. Berolahraga dapat membantu Anda menjaga kehamilan setelah hamil 1 minggu dan memudahkan proses bersalin.

5.   Kurangi Stres

Selama masa hamil 1 minggu tenangkan diri dan kurangi stres. Stres dapat membuat Anda merasa tertekan dan tidak nyaman. Mengurangi stres dapat Anda lakukan dengan berolahraga ringan, meditasi, yoga maupun kegiatan-kegiatan lain.

Bentuk perut ibu hamil 1 minggu memang jarang ada yang menyadarinya. Namun bagi Anda yang sedang program hamil dapat melakukan beberapa cara yang kami bagikan di atas untuk membantu meningkatkan peluang kehamilan. Semoga artikel kami membantu ya mom!