Suhu yang cenderung rendah pada pagi dan malam hari sangat menyiksa bagi penderita alergi dingin. Apalagi saat memasuki musim hujan yang suhunya bisa dingin hampir sepanjang hari. Gejala alergi dingin yang muncul disebabkan oleh sistem imun tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap zat alergen. Apa saja gejala yang umum muncul akibat alergi dingin?

Apa Saja Gejala Alergi Dingin?

1. Bentol, Ruam Merah, dan Gatal

Gejala yang pertama kali muncul dan terlihat adalah bentol dan ruam merah. Sebab kulitlah yang langsung bersentuhan dengan udara dingin. Gejala tersebut juga disertai dengan rasa gatal yang semakin bertambah intensitasnya apabila terus digaruk. Kondisi tersebut disebut juga dengan biduran atau cold urticaria. Air dingin dan makanan/minuman dingin juga bisa menjadi pemicu.

Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Pertama, segera hindari paparan dingin yang memicu alergi. Kedua, oleskan krim pereda alergi apakah itu krim kortikosteroid atau krim calamine. Kemudian kenakan baju panjang yang berkain lembut dan hangat. Konsumsi juga obat antihistamin untuk membantu meredakan alergi dan omalizumab untuk mencegah sesak napas.

2. Pilek

Alergi dingin dapat membuat hidung dan mata gatal. Lama kelamaan, bagian mata akan berair karena kelenjar air mata dipicu bekerja. Sedangkan hidung yang gatal akan menyebabkan Anda pilek. Berbeda dengan pilek karena infeksi, pilek akibat alergi ditandai dengan lendir yang berwarna bening dan lebih cair.

Anda dianjurkan menggunakan masker untuk mengurangi paparan udara dingin. Sedangkan obat yang bisa dikonsumsi adalah oxymetazoline. Obat tersebut merupakan jenis obat semprot hidung. Cara kerjanya adalah dengan menyempitkan pembulu darah yang tadinya membengkak. Dengan begitu, saluran pernapasan tidak lagi tersumbat. Obat lain yang disarankan adalah kortikosteroid topikal yang merupakan obat tetes hidung.

3. Bersin

Gejala lain yang sering muncul adalah bersin. Terdapat beberapa perbedaan antara bersin akibat alergi dingin dengan bersin akibat bakteri/virus. Pertama, frekuensi bersin hanya terjadi selama beberapa jam. Kedua, bersin biasanya terjadi pada malam dan pagi hari. Selanjutnya, bersin akan berkurang apabila suhu udara sudah mulai naik. Gejala ini masih berhubungan dengan hidung yang terasa gatal.

Agar meredakan bersin, Anda bisa membuat larutan saline. Larutan tersebut terbuat dari garam, baking soda dan air hangat yang dicampur menjadi satu. Kemudian, hirup larutan saline secara langsung atau menggunakan pipet.

Alternatif lain adalah melakukan steam wajah. Caranya adalah dengan memasukkan air panas ke dalam wadah besar kemudian campurkan dengan minyak esensial. Hirup perlahan hingga 10 menit dan ulangi sampai gejala yang Anda rasakan mereda.

Bentol, ruam merah, gatal, bersin dan pilek adalah gejala umum dari alergi dingin. Anda bisa mengandalkan pengobatan alami atau obat-obatan medis. Hanya saja, tidak boleh meremehkan sebab gejalanya bisa juga semakin parah. Hal yang terpenting adalah buat tubuh Anda selalu hangat dengan pakaian tebal dan minyak kayu putih.