Susu menjadi bagian penting bagi tubuh. Seperti yang kita tahu, susu berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang dan juga tubuh supaya tetap sehat dan kuat.

Ada banyak jenis susu yang bisa dikonsumsi, salah satu yang paling populer adalah susu sapi berkualitas. Susu tanpa diolah ini sangat bermanfaat supaya tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Sayangnya, tidak sedikit yang mengeluh saat susu sapi ini diolah atau direbus. Pasalnya sangat mudah pecah saat direbus sehingga mengganggu para pengonsumsinya.

Belum lagi bau yang dihasilkan juga agak mengganggu bagi beberapa pengonsumsi susu. Oleh karena itu, kamu perlu memasak susu sapi dengan benar.

Tapi tenang saja karena ada tips supaya susu sapi yang kamu masak tidak pecah tapi kandungan gizi di dalam susu tetap terjaga. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti :

1. Saring susu

Cara pertama yang dapat dilakukan di sini adalah dengan menyaring susu sapi yang mau dikonsumsi terlebih dahulu. Cara tersebut sangat bagus supaya partikel lain yang ada di dalam susu tidak ikut tercampur ketika direbus.

Biasanya partikel tersebut membuat susu sapi pecah saat direbus. Oleh karena itu, kalian bisa menyaring susu dengan penyaring khusus agar partikel lain di susu sapi tidak ikut.

2. Rebus dengan api kecil

Setelah itu, silahkan masukkan susu sapi berkualitas murni ke dalam panci untuk mulai direbus. Kemudian, kamu bisa menyalakan kompor. Berikutnya rebus susu sapi memakai api kecil.

3. Aduk perlahan

Cara ini juga sangat penting supaya susu yang dimasak tidak menggumpal. Dimana kamu harus mengaduk susu di panci secara perlahan.

Ingat, jika susu di dalam panci tidak diaduk akan membuat susu menjadi pecah. Inilah yang menjadi masalah saat susu sapi dikonsumsi.

4. Panaskan di suhu 75 derajat celcius

Berikutnya, panaskan susu dengan menggunakan suhu 75 derajat celcius. Kamu bisa merebus satu liter susu terlebih dahulu setidaknya selama 5 menit di awal.

Cara tersebut sangat bagus untuk menghilangkan patogen atau zat merugikan yang tersimpan di dalam susu sapi.

5. Jangan masak hingga mendidih.

Ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan para pengonsumsi susu sapi. Dimana pengonsumsi susu sapi sering memasak susu sampai mendidih. Padahal hal tersebut salah.

Disarankan jangan merebus susu sapi hingga mendidih. Rebus saja susu kira-kira terasa hangat. Jika susu dididihkan akan membuat kasein di dalam susu menjadi rusak. Hal tersebut mengurangi manfaat di dalam susu sapi itu sendiri.

Susu sapi berkualitas harus dikonsumsi setiap hari secara rutin supaya hasil yang kamu inginkan benar-benar sesuai. Hanya saja jangan mengandalkan susu sapi saja. Olahraga cukup hingga konsumsi makanan sehat juga sangat penting.